Tugu Yogyakarta Saksi Berdirinya Kasultanan Yogyakarta

  • Whatsapp
Tugu Yogyakarta atau yang lebih dikenal sebagai Tugu Malioboro ini mempunyai nama lain Tugu Golong Gilig atau Tugu Pal Putih merupakan penanda batas utara kota tua Yogya
source : https://www.instagram.com/bapa_kost/

Wisata Yogyakarta – Tugu Yogyakarta, bagaimana menurut anda ketika mendengar atau membaca kata ini? Bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota Yogyakarta, seperti Monas Monas untuk Jakarta atau patung Sura-Buaya untuk kota Surabaya. Berbeda dengan Monas Monas yang tingginya lebih dari 130 meter, Tugu Yogyakarta lebih kecil dengan ketinggian hanya 15 meter. Tapi tahukah Anda, ketinggian Tugu Yogyakarta sebenarnya mencapai 25 meter dan yang kita lihat sekarang hanya 15 meter.

Tugu Yogyakarta

Pembangunan Tugu Kesultanan Yogyakarta yang pertama merupakan awal masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755 setelah “pemisahan” Kerajaan Islam Mataram menjadi Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta. Awalnya, Tugu Yogyakarta dibangun berkelompok setinggi 25 meter. Sekelompok bola sambil bermain dalam bentuk pipa. Tapi jangan membayangkan bentuknya sebagai teriakan (!). Bentuk ini memiliki makna filosofis pemersatu antara raja dan rakyat.

Tugu Jogja Golong Gilig

Pada tahun 1867 terjadi gempa bumi, menurut Kepala Badan Survei Geologi Bandung, gempa tersebut lebih kuat dari gempa bumi saat ini. Tak lama kemudian, para korban juga ambruk dan merusak infrastruktur, termasuk Tugu Jogja yang ambruk saat itu. Banjir Tugu Yogyakarta dibangun kembali oleh pemerintah Belanda dan dimakamkan di dahi Sri Sultan Hamengku Buwono VII pada tahun 1889. Memang pembangunannya sempat tertunda selama 22 tahun. Bisa juga diprediksi bahwa letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 tidak akan menyerbu seluruh alam semesta setelah setahun, ketika kita putuskan dulu. (baca: bercanda). Tugu Yogyakarta Baru memiliki perbedaan antara lagu aslinya dengan aslinya, kira-kira sekarang dan tingginya sekitar 15 meter. Orang Belanda sering menyanyikan De Witte Paal atau Monumen Putih.

Tugu Yogyakarta Saat Ini Wisata Yogyakarta

Tugu Yogyakarta terletak di Central A.M. Sangaji (utara), Jalan Jendral Sudirman (timur), Jalan Mangkubumi (selatan) dan Jalan Pangeran Diponegoro (barat). Tugu Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi anak muda. Saat menyentuh Tugu di tengah malam sambil memandang, pemandangan umum di malam hari Setelah beberapa kali renovasi, kini Tugu Yogyakarta terlihat lebih mudah. Warnanya yang putih bersih, dilengkapi dengan taman mini penuh bunga krisan, ditambahkan ke bebatuan alam di tengah keramaian di sekitar monumen nyanyian yang mengubah nyanyian eksotis menjadi nyanyian eksotis di tengah masyarakat. Anda bisa menikmati Tugu Yogyakarta, bernostalgia di malam hari bersama, berfoto ria atau, mungkin jalan-jalan santai, duduk di kursi, duduk di pojok, sebelah selatan, mencari pos polisi terdekat, atau sembari duduk di sebelah barat perempatan. Bagi anda yang berasal dari luar daerah Yogyakarta disarankan untuk berkunjung ke Tugu dan berfoto sebagai oleh-oleh Kota Pendidikan ini, Dengan Harga Rp. 0 atau gratis.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *