Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2018

Kasongan, pusatnya gerabah Yogyakarta yang mendunia

sepasang pengantin yang duduk berdampingan. Sangat cocok digunakan sebagai gift pesta pernikahan

0 489

Wisata Yogyakarta – Desa Wisata Kasongan Yogyakarta adalah sebuah desa yang terletak di selatan kota Yogyakarta tepatnya di pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, kabupaten Bantul. Terletak 7 km dari pusat kota, Desa Wisata Kasongan Yogyakarta menjadi pusatnya gerabah di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Berbagai kerajinan keramik dari tanah liat berbagai motif yang artistik menjadi komoditi utama Desa Wisata Kasongan Yogyakarta ini.

Sejarah Singkat Pusat Gerabah Kasongan Yogyakarta

Pada masa penjajahan Belanda, Kasongan Yogyakarta adalah sebuah desa yang penuh dengan persawahan. Di salah satu sawah itu tiba-tiba ditemukan seekor kuda mati. Yang oleh warga kuda itu diperkirakan milik Reserse Belanda. Muncul rasa takut akan hukuman Belanda dari warga pemilik tanah sawah itu, akibatnya si pemilik tanah melepaskan hak tanahnya agar tidak diminta pertanggungjawaban dari Belanda. Pemilik tanah sawah yang lain ternyata juga memiliki ketakutan yang sama dan akhirnya melepaskan hak kepemilikan tanahnya juga. Karena banyak sawah yang tak bertuan, akhirnya penduduk dari desa lain mulai mengakui tanah itu sebagai milikinya. Para penduduk asli yang tak lagi memiliki sawah akhirnya berganti profesi menjadi seorang pengrajin gerabah untuk mainan anak dan perabot dapur. Yang hingga saat ini telah berkembang pesat menjadi sebuah desa wisata.

 

Keramik Desa Wisata Kasongan Yogyakarta

Jika anda menuju Desa Wisata Kasongan Yogyakarta melalui jalan Bantul maka yang pertama anda lihat adalah sebuah gapura merah yang sangat besar bertuliskan “Desa Wisata Kasongan”. Di masing-masing kaki gapura terdapat patung kuda raksasa, yang satu menghadap selatan satunya lagi menghadap utara. Anggap saja kedua patung ini adalah patung selamat datang yang sangat ramah.

 

Patung Kuda Kasongan Yogyakarta

Melangkah masuk ke Desa Wisata Kasongan Yogyakarta yang akan anda temui adalah galeri-galeri yang memajang berbagai kerajinan keramik. Di sini anda akan menemukan berbagai macam kerajinan keramik dengan banderol harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Berbagai souvenir seperti asbak, tempat pensil, dan pernak-pernik lain bernilai seni tinggi dipajang di etalase galeri. Tak ketinggalan souvenir berbentuk patung “Loro Blonyo” yaitu patung sepasang pengantin yang duduk berdampingan. Sangat cocok digunakan sebagai gift pesta pernikahan. Jika anda adalah orang yang suka berburu hiasan unik untuk interior rumah maka Desa Wisata Kasongan Yogyakarta menjadi pilihan tepat bagi anda. Berbagai kerajinan patung berukuran kecil hingga raksasa, meja dan kursi dengan beraneka motif hingga berbagai jenis pot beraneka warna jelas akan mempercantik ruang tamu anda.

Kerajinan Keramik Kasongan

Meluncur lebih jauh di desa anda akan menemukan lebih banyak kerajinan “polos” dipajang di hampir setiap rumah. Di sini adalah pusat produksi keajinan yang sebagian besar masih berwarna cokelat polos alias masih belum disentuh cat. Berbagai jenis pot, perabot rumah tangga, dan berbagai patung menghiasi rumah-rumah produksi di desa ini. Di sini anda juga dapat menikmati proses pengerjaan kerajinan gerabah mulai dari penggilingan, pembentukan, penjemuran, hingga proses pembakaran dan diakhiri dengan pengecatan. Anda pun dapat ikut merasakan sensasi membuat kerajinan gerabah di beberapa gerai.

Letak desa wisata kasongan

Tak salah jika anda datang ke Desa Wisata Kasongan Yogyakarta untuk berburu souvenir khas Yogyakarta. Berbagai kerajinan berkualitas dan nilai seni yang tinggi dari desa Kasongan Yogyakarta rasanya perlu dijadikan tanda mata ketika anda berkunjung di kota Yogyakarta yang Berhati Nyaman.terletak di pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Leave A Reply

Your email address will not be published.