Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2018

Kemegahan Candi Plaosan, Candi Kembar di Yogyakarta

Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Pikatan sebagai tanda cintanya kepada sang istri.

0 206

Wisata Yogyakarta – Candi Plaosan dikenal juga dengan sebutan candi kembar. Candi ini terletak di Plaosan, Bugisan, Prambanan, Jogjakarta. Jika anda berwisata ke Candi Prambanan tidak ada salahnya anda untuk mampir juga ke candi Plaosan yang hanya berjarak 1 km dari Candi Prambanan. Candi ini merupakan perpaduan antara hindu dan budha.

Sejarah Candi Plaosan

Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Pikatan sebagai tanda cintanya kepada sang istri. Candi ini tidak jauh berbeda dengan komplek candi di Prambanan, hanya saja relief yang ditawarkan di dinding candi ini sungguh mempesona. Relief pada dinding candi menggambarkan perasaan kasih sayang antara Rakai Pikatan dengan istrinya, Pramudya Wardhani begitupun sebaliknya. Jika anda mengunjunginya, anda dapat merasakan ikatan cinta yang kuat keduanya dari relief yang tergambarkan dengan indah di Candi ini.

 

Kemegahan Candi Plaosan, Candi Kembar di Yogyakarta

Candi Plaosan juga disebut dengan candi kembar karena di lokasi ini terdapat dua buah candi yang hampir menyerupai, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Di Candi Plaosan Lor terdapat dua buah candi utama dengan stupa-stupa budha di halamannya. Relief dinding Candi Plaosan Lor menggambarkan tentang dewa-dewa perempuan. Sedangkan Candi Plaosan Kidul relief dinding candi menggambarkan tentang tumbuh-tumbuhan dan motif laki-laki.

 

Candi Perwata, Keindahan Lain di balik Candi Plaosan

Keindahan lainnya yaitu terdapat candi unik yang mungkin jarang anda jumpai di komplek candi manapun, yaitu candi Perwata. Candi ini terdapat di komplek Candi Plaosan dan bentuk candinya menyerupai stupa. Selain itu terdapat teras segi empat yang dibuat dari batu yang sangat halus dan mengelilingi komplek candi dan banyaknya stupa-stupa yang menawan.

Tidak ada salahnya ketika anda berwisata ke Yogyakarta untuk mengunjungi Candi Plaosan, selain anda dapat menikmati keindahan relief dan kemegahan candinya, anda juga dapat belajar tentang sejarah di masa lalu.

Rute Candi Ploasan
1. Rute dari arah klaten menuju candi plaosan sangat mudah : Klaten – Fokus pada Jalan Kalasan Prambanan – masuk jalan candi Prambanan – Melewati candi prambanan lurus – pertigaan belok kanan – lurus terus hingga mentok perempatan – perempatan lurus – sampailah pada candi kembar atau candi plaosan.
2. Rute dari arah kaliurang ambil jalan Kilometer 13 melewati Pom – ambil arah prambanan – tembus Jalan Bogem – Candi prambanan – Candi plaosan .

Leave A Reply

Your email address will not be published.