Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2018

Candi Borobudur

Umat Budha menjalankan serangkaian upacara Waisak setiap tahun pada bulan Mei.

0 160

Candi Borobudur menjadi tujuan utama para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta dan sekitarnya. Bagaimana tidak, Candi Borobudur menjadi salah satu warisan budaya dunia. Juga pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Selain Pulau Bali, Candi Borobudur menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para pelancong dari mancanegara.

Letak Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah sekitar 40 km arah barat daya dari pusat kota Yogyakarta. Lokasinya berada jauh dari pusat kota sehingga suasananya sangat nyaman. Candi Borobudur dikelilingi oleh tembok besar dan kokoh berupa gunung-gunung. Sebelah barat laut terdapat Gunung Sumbing dan Gunung Sundoro, sebelah utara terdapat bukit Tidar. Melongok sebelah timur laut terdapat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sedangkan sebelah selatan berjajar perbukitan Menoreh. Bisa dibayangkan suasana di Candi Borobudur, udara sejuk dengan suasana yang nyaman, disekelilingnya terhampar tanah subur dengan pepohonan hijau, berjajar disekelilingnya gunung-gunung dan barisan perbukitan, tak ada bangunan lain yang menghalangi pandangan. Membuat kita betah berlama-lama disana.

 

Candi Borobudur memiliki 1460 relief, 504 arca dan 72 stupa, dengan luas 123 m x 123 m atau sekitar dua kali lapangan di Old Trafford kandang klub sepakbola Manchester United dan tinggi hingga 34,5 m menjadikannya candi Budha terbesar di dunia versi Guinnes.

Sepenggal Sejarah Candi Borobudur

Tidak ditemukan bukti tertulis tentang siapa dan apa kegunaan dibangun sebuah candi yang maha besar ini. Sebagian besar masyarakat yakin bahwa bangunan ini ialah candi milik agama Budha. Jenis aksara yang tertulis sesuai dengan jenis aksara yang lazim digunakan pada prasasti kerajaan abad ke-8 dan ke-9, dan kurun waktu itu menjadi puncak kejayaan Wangsa Syailendra di Jawa Tengah yang masih dipengaruhi oleh Kerajaan Sriwijaya yang menganut agama Budha.

 

Upacara waisak

Umat Budha menjalankan serangkaian upacara Waisak setiap tahun pada bulan Mei. Waktu ini adalah waktu yang sangat tepat bagi para fotografer berburu. Seakan menjadi magnet raksasa bagi manusia, pada perayaan hari Waisak, Candi Borobudur mendadak lebih sesak dipenuhi manusia dari pada hari-hari biasanya. Banyak turis dari berbagai tempat tertarik datang menyaksikan uacara terbesar umat Budha ini.

Tiket Masuk candi Borobudur

Tarif tiket masuk Candi Borobudur untuk turis lokal Rp 30.000, dan untuk turis asing US $ 20. Memang cukup mahal, tetapi harga itu cukup fair untuk membayar seluruh keindahan dari Candi Borobudur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.