Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2018

Tugu Yogyakarta Saksi Berdirinya Kasultanan Yogyakarta

Sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota Yogyakarta

0 15

Wisata Yogyakarta – Tugu Yogyakarta, apa yang terlintas di benak kita saat mendengar atau membaca kata ini? Sebuah bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota Yogyakarta, layaknya Tugu Monas bagi Jakarta atau patung Sura-Buaya  bagi kota Surabaya. Berbeda dengan Tugu Monas yang memiliki ketinggian lebih dari 130 meter, Tugu Yogyakarta lebih mungil dengan ketinggian hanya 15 meter saja. Tapi tahukah anda, ketinggian Tugu Yogyakarta sebenarnya mencapai 25 meter dan yang terlihat sekarang hanya 15 meter.

Tugu Yogyakarta

Awal pembangunan TuguKasultanan Yogyakarta pertama yaitu awal pemerintahanSri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755 pasca “pemisahan” Kerajaan Mataram Islam menjadi Kasultanan Yogyakarta dan Kasultanan Surakarta. Awalnya Tugu Yogyakarta dibangun setinggi 25 meter berbentuk golong-gilig. Golong berbentuk bola sedangkan gilig berbentuk tabung. Tetapi jangan dibayangkan bentuknya seperti tanda seru (!). Bentuk ini memiliki makna filosofi menyatunya antara raja dengan rakyatnya.

Tugu Jogja Golong Gilig

 

Pada tahun 1867 terjadi gempa yang dahsyat, bahkan menurut Kepala Badan Geologi Bandung gempa ini lebih besar dari gempa sekarang ini. Banyak korban berjatuhan juga kerusakan infrastruktur, termasuk Tugu Jogja yang runtuh waktu itu. Kemudian Tugu Yogyakarta dibangun kembali oleh pemerintahan Belanda dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII pada tahun 1889. Cukup lama juga pembangunannya diundur sekitar 22 tahun. Mungkin sudah diramalkan akan terjadi letusan Gunung Krakatau tahun 1883 yang menggelapkan dunia hingga hampir setahun, jadi diputuskan untuk diundur pembangunannya. (baca:just kidding). Tugu Yogyakarta yang baru dibangun ini bentuknya sudah berbeda dengan yang asli, kira-kira seperti yang ada sekarang ini dan tingginya hanya 15 meter. Pihak Belanda sering menyebutnya dengan De Witte Paal atau Tugu Putih.

Tugu Yogyakarta Wisata Yogyakarta Saat Ini

Tugu Yogyakarta berada tepat di tengah perempatan jalan A.M. Sangaji (ke utara), jalan Jendral Sudirman (ke timur), jalan Mangkubumi (ke selatan) dan jalan Pangeran Diponegoro (ke barat). Tugu Yogyakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi para kawula muda. Berfoto-foto sambil menyentuh tugu di tengah perempatan menjadi pemandangan yang lumrah ketika malam hari. Setelah dilakukan beberapa renovasi, sekarang Tugu Yogyakarta lebih terlihat rapi. Warnanya putih bersih, dilengkapi dengan taman mini yang ditumbuhi tumbuhan cempaka mulya, plus batu alam di tengah perempatan mengelilingi tugu menggantikan aspal menjadikannya sebagai pemandangan eksotis di tengah hiruk-pikuk keramaian jalan. Anda bisa bisa menikmati Tugu Yogyakarta di malam hari dengan berfoto ria atau sekedar duduk santai di bangku yang tersedia di pojok tenggara perempatan dekat pos polisi ataupun sambil menikmati gudeg di sebelah barat perempatan. Bagi anda yang berasal dari luar daerah Yogyakarta, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Tugu Yogyakarta dan mengambil gambar di sini sebagai sebuah kenang-kenangan dari kota pendidikan ini, lagipula tarifnya Rp 0 alias gratis.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.