Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2018

Kampung Wijilan, Sentra Gudeg di Yogyakarta

gudeg,gudeg jogja,gudeg yogyakarta,gudeg wijilan,gudeg kaleng,gudeg basah,gudeg manggar,gudeg ceker Kampung Wijilan, sentra Gudeg di Yogyakarta

0 137

Wisata Yogyakarta – Jika anda berlibur ke Yogyakarta, tak lengkap liburan anda jika tidak bersinggah sejenak ke kawasan Wijilan untuk menikmati gudeg. Kuliner khas Yogyakarta ini telah tersohor oleh wisatawan domestik maupun wisatawan Mancanegara. Pusat khas Kuninel tradisional Gudeg di Yogyakarta berada di sepanjang Jalan Wijilan/Kampung Wijilan, sebelah Timur Alun-alun Utara Yogyakarta, tempat ini menjadi tempat pertama kalinya muncul dan terkenalnya gudeg di Yogyakarta. Kuliner khas jogja berbahan dasar nangka muda atau biasa disebut gori, yang dikukus sekitar 24 jam dalam suhu yang sangat panas untuk menguapkan kuahnya. Mayoritas Gudeg yang disajikan di beberapa warung di kawasan Wijilan merupakan gudeg kering dengan warna coklat tua kemerah-merahan dengan rasa yang manis dan gurih.

Gudeg (Gudheg) adalah makanan khas Indonesia khususnya Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan.

Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Kampung Wijilan Sentra Gudeg di Yogyakarta

Di kawasan Wijilan anda bisa menikmati kuliner khas ini dengan berbagai lauk, mulai dari daging ayam dan telur yang direbus dan dipindang hingga berwarna coklat, ditambahkan sambal krecek yang berbahan dasar tempe dan irisan krecek semakin membuat lidah anda bergoyang ketika menyantapnya, perpaduan rasa manis dan pedas yang begitu nikmat. Anda bisa menikmatinya ini dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 5.000 sampai puluhan ribu rupiah tergantung dari jenis lauk yang anda pilih untuk pelengkapnya. Tertarik untuk melihat proses pembuatannya dari gudeg, dari beberapa warung yang ada di Kampung Wijilan memperbolehkan anda untuk melihat langsung proses pembuatannya.

gudeg,gudeg jogja,gudeg yogyakarta,gudeg wijilan,gudeg kaleng,gudeg basah,gudeg manggar,gudeg ceker
Kampung Wijilan, sentra Gudeg di Yogyakarta

Untuk menuju lokasi sentra gudeg di kampung Wijilan sangatlah mudah, karena lokasinya yang berada di timur Alun-alun Utara Yogyakarta. Berbagai alat transportasi seperti andong, becak, taksi, kendaraan roda dua bahkan kendaraan roda empat dapat menjangkau kawasan tersebut, bahkan terdapat bus kota yang melewati jalur tersebut. Sehingga semakin memudahkan para wisatawan yang akan mencicipi kuliner khas Yogyakarta ini.

Gudeg Oleh-oleh Kuliner Khas Yogyakarta

Sebagai oleh-oleh khas dari Yogyakarta, Kuliner khas yang sangat terkenal dan banyak terdapat di kawasan Wijilan sebagaian besar merupakan gudeg kering, maka mampu bertahan selama 3 hari, bertahan lama dan tidak mudah basi sehingga dapat anda jadikan oleh-oleh untuk kelurga dirumah. Dari Gudeg yang bisa bertahan lama dan cita rasa yang sangat menakjubkan inilah yang menjadikannya sangat terkenal oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Seperti oleh – oleh yang lain, kuliner khas jogja ini juga mempunyai bungkus yang unik, yaitu dari besek, dari bambu yang dianyam ataupun dari kendil yang terbuat dari tanah liat. Ada juga kemasan yang lebih modern berupa kaleng, dan gudeg kaleng ini konon mampu bertahan lebih lama dari yang dikemas dengan kemasan tradisional.

Selain gudeg kering, ternyata ada beberapa jenis gudeg yang lain, seperti gudeg basah dan gudeg manggar. Seperti apa keanekaragaman kuliner khas jogja ini akan jenis dan citarasanya? Tunggu ulasan kami tentang berbagai macam jenis

Leave A Reply

Your email address will not be published.