Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2018

Pasar PASTY bukanlah pasar hewan biasa.

Pasar PASTY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta)

0 149

Wisata Yogyakarta – Pasar PASTY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta) adalah pusatnya pasar satwa dan tanaman hias di Yogyakarta. Pasar PASTY terbagi menjadi 3 zona yaitu zona satwa, zona ikan hias dan zona tanaman hias. Pasar PASTY berada di tepi jalan Bantul, Dongkelan, Yogyakarta sekitar 3,5 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Pasar Ngasem Yogyakarta Boyongan ke Pasar PASTY

Awalnya pasar satwa berada di kompleks Taman Sari yang lebih dikenal dengan nama Pasar Ngasem. Pasar Ngasem menjadi pusatnya perdagangan satwa di Yogyakarta. Lokasinya yang strategis membuatnya sangat ramai dikunjungi dan menambah ketenarannya. Berbagai macam satwa diperjual-belikan di pasar ngasem dari ikan, burung, hingga kucing. Namun yang menjadi primadona adalah satwa burung. Sejarahnya Pasar Ngasem adalah pasar burung pecahan dari Pasar Beringharjo yang mulai mandiri sekitar tahun 1960. Versi lain menyebutkan pasar burung ini sudah ada sejak 2 abad silam terbukti dengan foto tahun 1809 yang berjudul “Djogdja Tempo Doloe” yang memperlihatkan aktifitas perdagangan burung di pasar ngasem. Tapi apapun itu, Pasar Ngasem tetaplah menjadi surganya para pecinta burung hias.

Lambat laun, pasar ngasem semakin ramai dan penuh sehingga membuat pemerintah daerah melakukan tata kota baru. Pada tanggal 22 Maret 2010 Pasar Ngasem resmi pindah ke jalan Bantul dan digabungkan dengan Bursa Tanaman Hias yang lebih dulu berdiri disini. Prosesi kepindahan pasar ngasem ke jalan Bantul diwarnai dengan boyongan pedagang dengan konsep kirab budaya. Dan secara resmi dibuka pasar baru dengan nama Pasar PASTY.

Pasar PASTY Dongkelan Yogyakarta Lebih Dari Sekedar Pasar Satwa

Ketika melewati jalan Bantul di desa Dongkelan mata anda pasti akan tertuju pada 2 buah gapura raksasa yang saling berhadap-hadapan di kanan dan kiri jalan bertuliskan Pasar PASTY dengan ornamen dedaunan raksasa. Di sebelah timur jalan adalah Pasar PASTY zona satwa sedangkan sebelah barat adalah zona tanaman hias. Sebenarnya ada satu gapura lagi di sebelah zona tanaman hias yaitu zona ikan hias. Tetapi ukurannya agak kecil sehingga tidak terlalu terlihat.

Sesaat setelah memasuki gapura timur, ada satu hal yang berubah. Tadinya yang terdengar adalah gemuruh kendaraan bermotor tiba-tiba berubah menjadi riuh berbagai macam suara burung. Berbagai burung bernyanyi seakan sedang menyambut kedatangan kita. Patung dua ekor burung yang bertengger seakan sedang mengatakan “inilah kerajaan kami”. Tidak salah jika mengatakan Pasar PASTY bak kerajaan burung bukannya pasar burung karena tempatnya memang sangat nyaman dan memanjakan para pengunjung.

Pasar burung di jogja

Menelusuri sudut pasar, anda akan menemukan berbagai macam jenis burung hias semacam burung kenari, murai batu, perkutut, cucak rawa, burung gagak hingga burung yang sedang booming tahun 2012-2013 ini burung lovebird. Harga yang berlaku pun bervariasi dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Di salah satu sudut pasar terdapat lokasi yang biasa digunakan sebagai ajang pencarian bakat burung. Layaknya Indonesian Idol poluhan kontestan burung bernyanyi mengeluarkan segenap kemampuannya membuktikan sebagai yang terbaik. Burung yang paling hebat akan menjadi primadona dan memiliki banderol harga paling tinggi.

PASTY zona satwa Jogja

Di sudut lain anda akan mendapati sangkar ekstra besar berisi ular besar sekali, mungkin panjangnya lebih dari 5 meter dan beberapa ekor burung serta ayam kalkun. Menarik untuk dilihat mana yang lebih hebat antara ular raksasa atau ayam raksasa. Apakah ular yang makan kalkun atau kalkun yang makan ular? Just kidding. Mereka berada di sangkar yang berbeda.

Selain bermacam burung di Pasar PASTY zona satwa juga diperjual belikan satwa lain seperti ayam, kucing hingga hewan lucu yang suka makan biji bunga matahari, tikus hamster. Layaknya pusat perbelanjaaan Pasar PASTY memiliki beberapa fasilitas penunjang lain seperti taman permainan anak dan zona makan-makan pastinya.

PASTY jual tanaman hias jogja

Beranjak ke zona tanaman hias, anda akan merasakan sensasi berada di taman yang sangat indah dengan berbagai macam tanaman hias. Tanaman buah, bunga, hingga rumput-rumputan akan menghiasi pandangan anda. Bunga warna-warni ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan paduan warna yang sangat indah. Rumput-rumput hias tertata rapi memanjakan mata membuat kita lupa bahwa itu berasal dari bangsa rerumputan. Ada satu hal yang menarik dari salah satu tanaman disini. Pohon kaktus dengan bentuk yang monoton dan batang berduri yang membosankan dihias menjadi tanaman hias yang sangat cantik. Entah mimpi apa si pohon kaktus itu sehingga tiba-tiba dirinya tampak sangat cantik seperti anak TK habis mandi dan berdandan menggunakan pakaian yang berwarna-warni.

Berjalan ke Pasar PASTY zona ikan hias yang akan kita temui adalah, ikan tentu saja. Berbagai ikan hias berwarna-warni membuat kita betah merunduk memperhatikan akuarium yang berjajar-jajar. Ikan air tawar menjadi menu utama disini. Loh..?? Harga ikan yang diperdagangkan cukup murah, hanya dengan beberapa lembar kertas bergambar Kapitan Pattimura, anda sudah dapat membawa ikan hias ke rumah.

Tampaknya seribu kata pun tak cukup menggambarkan Pasar PASTY Yogyakarta. Hanya dengan mengunjunginya anda baru menyadari Pasar PASTY bukanlah pasar hewan biasa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.