Tempat Wisata Terindah Dan Hits Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi 2018

Keindahan Gumuk Pasir Parangtritis

0 125

Wisata Yogyakarta – Keindahan gumuk pasir Parangtritis, tak akan ada habisnya ketika membicarakan keindahan pantai laut selatan ini, pantai yang menjadi tempat wisata favorit di Yogyakarta ini selalu dipadati pengunjung,  baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, mereka berbondong-bondong untuk menikmati keindahan pantai selatan kota Jogja ini. Pantai yang terkenal dengan ombak yang besar, bentangan pasir hitam yang sangat panjang, keindahan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang sangat mempesona dapat dilihat dari pantai Parangtritis. Namun daya tarik Parangtritis tidak hanya dari pemandangan pantai, di sebelah barat Parangtritis terdapat gurun pasir, satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara yang lebih dikenal dengan sebutan Gumuk Pasir Parangtritis.

Lokasi Gumuk Pasir Parangtritis

Gumuk pasir Parangtritis terletak sekitar 25 km di selatan pusat kota Jogja, bagi orang awam dan masyarakat sekitar keberadaan hamparan pasir di dekat pantai bukanlah sesuatu yang mengherankan. Padahal, gumuk pasir Parangtritis ini sangat unik, karena terbentuk di daerah yang curah hujannya tinggi. Gumuk pasir Parangtritis yang berada di sepanjang pantai Parangkusumo – pantai Depok ini terbentuk melalui proses yang memakan waktu ribuan tahun. Pasir yang ada di gumuk pasir tersebut berasal dari material vulkanik Gunung Merapi. Material vulanik gunung api ini terbawa arus sungai Progo dan sungai Opak sampai ke muara. Kemudian, ombak samudera menghantamnya hingga ke daratan.

Karena letaknya di barat pantai Parangtritis (sepanjang pantai Parangkusumo – pantai Depok) menjadikan obyek wisata Gumuk pasir Parangtritis mudah sekali dijangkau, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di pinggir jalan. Apabila Anda ingin merasa lebih tenang dan aman, Anda juga dapat memarkir kendaraan Anda di warung-warung disana yang menyediakan jasa tempat parkir.

Tidak ada tiket yang harus dibeli untuk melihat-lihat dan berjalan-jalan di gumuk pasir Parangtritis. Yang perlu Anda bayar hanyalah biaya parkir, itupun jika Anda memarkir kendaraan Anda di salah satu warung yang ada di dekat sana. Jika anda berkunjung ke gumuk pasir Parangtritis, datanglah pada waktu pagi atau sore hari. Pada waktu-waktu ini, Anda dapat dengan jelas melihat pola guratan hitam yang mirip dengan aliran air pada bukit-bukit di gumuk pasir tersebut.

Keindahan Gumuk Pasir Parangtritis yang Mempesona

Keindahan gumuk pasir Parangtritis yang begitu mempesona membuatnya semakin terkenal, selain sebagai tempat tujuan wisata di yogyakarta, gumuk pasir Parangtritis juga sering digunakan untuk tempat penelitian. Tempat ini juga sering digunakan oleh para fotografer untuk tempat pengambilan gambar foto model, foto pre-wedding, dan bahkan gumuk pasir  Parangtritis juga sering digunakan untuk tempat syuting film, baik film lokal, maupun film berskala internasional.

Untuk dapat mencapai tempat wisata ini, terdapat dua jalur utama yang dapat anda lewati, yang pertama : Yogyakarta-Kretek-Parangtritis. Segala jenis kendaraan dapat dengan mudah melewati jalan ini langsung ke ke arah selatan menuju pantai Parangtritis. Jalur yang kedua yaitu : Yogyakarta-Imogiri-Siluk-Parangtritis, jaraknya lebih jauh beberapa kilometer dari jalur yang pertama, namun ada kelebihan yang akan anda dapatkan jika melewati jalur ini, jalur ini menawarkan hamparan pemandangan alam yang indah, kombinasi antara sungai dan bukit kapur yang berkelok membuatnya sangat menarik dan ada salahnya untuk anda coba.

Tempat wisata yang mempunyai daya tarik sangat mempesona, tempat wisata dengan hembusan angin laut pantai selatan dan tentunya pemandangan hamparan pasir yang sangat sempurna, dan mungkin hanya satu-satunya di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. jadi jika anda berwisata ke Yogyakarta, jangan sampai tempat wisata gumuk pasir Parangtritis terlewatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.